June 06, 2013

10 CARA MENINGKATKAN KESUBURAN


 
Assalamualaikum dan selamat sejahtera kepada pembaca setia blog ini. Kali ini saya hendak berkongsi mengenai cara meningkatkan kesuburan
.

1.  Hubungan intim pada saat yang tepat
Kita tahu, masa subur wanita umumnya terjadi pada hari ke-10 sampai ke-16, dimana hari pertama adalah hari pertama menstruasi terakhir. Sel sperma dapat tetap hidup di dalam organ reproduksi wanita selama 3 hari, kata Bill Ledger, Profesor bidang Obstetri dan Ginekologi Universitas Sheffield. Jadi berhubungan intim setiap 2 hari sekali selama masa subur ini akan cukup membantu untuk merencanakan kehamilan.


2. Waktunya Mencari Bantuan
Kesuburan seorang wanita akan menurun setelah usia 35 tahun. Apabila Anda memiliki usia 30-an awal dan sudah mencuba konsepsi selama 1 tahun tanpa ada hasil, maka berkonsultasilah ke doktor specialist kebidanan dan kandungan. Apabila Anda berusia 35 tahun atau lebih, berkonsultasilah setelah mencuba selama 6 bulan tanpa hasil.


3. Perhatikan Diet Anda
Baik lelaki mahupun wanita harus menghindari memiliki berat badan yang berlebihan (overweight) atau berat badan kurang (underweight). Masalah berat badan dapat mempengaruhi hormonal yang mengatur kesuburan. Makanan kaya akan zink seperti daging merah dan gandum dapat memperbaiki kualiti sperma.


4. Hindari Alkohol
Sebuah penelitian mengemukakan bahawa minum5 gelas minuman beralkohol dalam seminggu dapat mempengaruhi kesuburan wanita


5. Jauhi rokok
Merokok mengurangi kesuburan lelaki dan wanita. Kerosakan tersebut reversibel untuk lelaki karena lelaki memproduksi sperma baru setiap 70 hari. Bagaimanapun juga berdasarkan British Medical Association, merokok mengurangi kesempatan wanita untuk berkonsepsi sebanyak 40%.


6. Seks itu Menyenangkan
Meskipun masa subur wanita hanya berkisar 6 hari dalam satu siklus menstruasi. Sangatlah penting untuk berhubungan intim pada waktu yang lain, kata Profesor Ledger. Masalah kesuburan dapat mengganggu hubungan suami-isteri. Jadi sangatlah penting untuk memikirkan bahwa hubungan seksual adalah suatu kegiatan yang menyenangkan dan bukan hanya tindakan biologis untuk memiliki bayi.


7. Be Romantic
Stres berat yang disebabkan kerana banyak hal seperti contohnya masala kewangan dll dapat mengganggu ovulasi (keluarnya sel telur) selama 3-4 bulan. Namun stres setiap hari yang disebabkan kerana pekerjaan atau berbagai hal lain tidak akan mempengaruhi ovulasi.  Atasilah masalah ini dengan merencanakan makan malam yang romantis atau kegiatan yang menyenangkan saat weekend.


8. Lupakan mitos-mitos lama
Lupakan mitos seperti anda tidak boleh bergerak selama 30 minit setelah ejakulasi. Sperma secara kimia akan tertarik masuk ke dalam lendir serviks, dalam beberapa detik setelah ejakulasi, mereka sudah dalam perjalanan. Apabila memang ada yang keluar, maka kemungkinan tidak mengandung sperma yang viable. Sampai saat ini tidak ditemukan posisi yang menjamin konsepsi akan berhasil, kata Profesor Ledger.


9. Jaga ‘Mereka’ Tetap Sejuk
Duduk seharian dapat mengganggu kesuburan sperma. Panas dapat menyebabkan kerusakan pada sperma. Testis seharusnya berada pada suhu 1-2 darjah lebih dingin daripada suhu tubuh. Profesor Ledger merekomendasikan untuk beristirahat selama 5-10 minit setiap jamnya dengan cara berjalan untuk mendinginkan daerah penghasil sperma. Dan ingat, jangan pernah memangku laptop atau komputer yang sedang menyala!


10. Perhatikan Kesihatan Seksual
Penyakit Menular Seksual (PMS) seperti klamidia, gonorea, sifilis, dapat mengganggu kesuburan. Apabila Anda memiliki risiko memiliki PMS maka berkonsultasilah segera dengan doktor Anda.

sekian..
semoga ada faedahnya.. 

sumber dari :  sebagairenungan.blogspot

♥ Shaklee Independent Distributor (ID No : 906151) 
(id diperlukan jika anda beli sendiri di branch) 
♥ Contact No : 016-711 3576 
♥ email : suhaily.aj@gmail.com 
♥ PM di FB : El Naomie

No comments:

Post a Comment

PENTING KE PROTEIN UNTUK TUBUH BADAN KITA?

PENTING KE PROTEIN NI? | Ada di antara kita yang mula tahu kepentingan protein kerana ingin kuruskan badan. Tapi sebenarnya kepentingan prot...